Fungsi Power Supply dan Bagaimana Memilih yang Bagus

Bagi para perakit PC Gaming, Power Supply atau juga sering disebut PSU pasti menjadi salah satu komponen di dalam komputer yang paling diperhatikan. Selain untuk menopang kelistrikan bagi komponen-komponen lainnya, Power Supply yang bagus juga dapat meningkatkan performa dari komputer tersebut.

Fungsi Power Supply pada Komputer

Fungsi Power Supply pada komputer adalah sebagai komponen yang menyuplai arus listrik dengan cara merubah arus listrik AC (Berlawanan arah), menjadi arus listrik DC (Searah). Power supply menyuplai arus listrik DC yang dibutuhkan oleh komponen lainnya di dalam komputer, contohnya Motherboard, HDD, Processor dan lain-lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Power Supply merupakan sebuah komponen perangkat keras yang sangat penting dalam mengoperasikan suatu komputer.

Power Supply Modular dan Non-Modular

Ada 2 macam Power Supply yang dibedakan nerdasarkan management pengkabelannya, yaitu Power Supply Modular dan Non-Modular.

Power Supply Modular

Power Supply Modular merupakan inovasi baru dari Power Supply dalam pengkabelan. Power Supply Modular ini memungkinkan pengguna untuk menghilangkan kabel yang tidak diperlukan dalam perakitan komputer/PC. Jadi, kabel-kabel pada Power Supply Modular tidak bersifat permanen, bisa dilepas pasang sesuai kebutuhan pengguna.

Power Supply Non-Modular

Power Supply Non-Modular merupakan jenis Power Supply yang kabelnya bersifat permanen. Kabel-kabel pada Power Supply ini tidak dapat dilepas pasang, sehingga pengguna harus menyesuaikan komponen-komponen perangkat keras yang digunakan dengan jumlah kabel dan jenis Pin Connector pada Power Supply ini.

Walaupun Power Supply Non-Modular terlihar kurang fleksibel dalam management pengkabelan. Namun, Power Supply Non-Modular lebih sering digunakan karena harganya yang lebih murah dari Power Supply Modular, juga Power Supply Non-Modular ini lebih cocok digunakan dalam perakitan komputer/PC.

Memilih Power Supply yang Bagus

Disini kami juga akan membagikan sedikit tips dalam memilih Power Supply / PSU yang bagus. Karena PSU yang bagus atau yang bukan abal-abal akan membuat komponen-komponen perangkat keras pada komputer anda menjadi berumur panjang dan kinerja komputer anda akan tetap maksimal walaupun sudah bertahun-tahun digunakan. Berikut adalah tips-tipsnya :

  • Pilihlah Power Supply dengan Merk yang sudah memiliki reputasi yang bagus. Produsen Power Supply yang sudah memiliki nama di kancah Internasional tentu akan mengutamakan kualitas dari produknya. Beberapa produsen Power Supply yang sudah terkenal yaitu: Corsair, Enermax, Seasonic, EVGA, Enlight, Digital Alliance, Cooler Master.
  • Pilih Power Supply yang memiliki sertifikasi 80+. Sertifikasi 80+ tersebut merupakan standar efisiensi energi yang dikembangkan para produsen Power Supply. Keuntungan menggunakan Power Supply 80+ yaitu komputer anda akan menghemat penggunaan daya listrik di rumah anda.
  • Pilih Power Supply yang bobotnya lebih berat. Power Supply yang berat menandakan komponen yang digunakan di dalam Power Supply tersebut seperti casing, kapasitor, transistor, bahkan kabel-kabelnya berkualitas baik.
  • Sesuaikan Output kelistrikan Power Supply dengan kebutuhan komponen-komponen perangkat keras komputer anda. Output Power Supply dapat anda lihat pada label yang tertempel pada casing Power Supply tersebut. Jika anda ingin menghitung berapa kebutuhan listrik pada komponen komputer anda, gunakan Power Supply Calculator ini OuterVision® Power Supply Calculator. Atau anda dapat menggunakan yang lainnya dengan mencarinya di Google.
BACA JUGA:  7 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal di Android

Jadi seperti itulah fungsi dari Power Supply / PSU dan cara memeilih Power Supply yang baik bagi komputer anda. Power Supply yang memeiliki kualitas baik memang memiliki harga yang lebih mahal daripada Power Supply biasa. Namun, dengan kualitas yang baik tersebut tentunya dapat membuat komputer anda jadi lebih awet, dan ujung-ujungnya juga kalau dihitung-hitung malah akan menghemat pengeluaran anda, karena akan mengurangi biaya service atau membeli komponen baru jika terjadi kerusakan kalau menggunakan Power Supply dengan kualitas kurang baik.

Bagikan Kepada Dunia

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *