[100% Work] Blokir Situs di Mikrotik dengan Firewall Address Lists

Pada artikel kali ini kami akan memberikan tutorial bagi para System Admin untuk memblokir situs-situs yang tidak diinginkan, seperti situs pornografi, sosial media dan lain-lain agar tidak bisa diakses oleh pengguna internet di area lokal, misalnya di kantor atau rumah.

Untuk bisa melakukannya, anda harus sudah memiliki perangkat Router di dalam jaringan anda, dan sudah tahu cara menggunakan Winbox untuk men-setting Router Mikrotik. Karena dalam tutorial ini kita akan melakukan pemblokiran situs-situs tersebut dengan Mikrotik.

Singkat saja, mari kita coba melakukan pemblokiran dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Memblokir Situs yang Tidak Diinginkan di Mikrotik

Hal pertama yang perlu diingat jika menggunakan cara ini adalah, Router Mikrotik anda harus dalam Mode Router dan dikonfigurasi dengan koneksi internet menggunakan port WAN.

Dalam contoh tutorial kali ini, kita akan mencoba memblokir situs Youtube agar tidak bisa diakses oleh komputer client.

Jika anda ingin melakukan pemblokiran berdasarkan range IP dari komputer-komputer client, anda dapat membuat IP alias terlebih dahulu di Interface/ether yang terhubung ke LAN. Misalnya 192.168.10.0/24 adalah untuk komputer-komputer client, dan 192.168.100.0/24 untuk komputer-komputer IT / System Admin, agar komputer dari System Admin tetap bisa mengakses situs Youtube.

Untuk cara pembuatan IP alias atau Multiple IP, anda dapat membacanya di artikel kami ini:
Membuat IP Alias (Multiple IP) dalam 1 Interface di Mikrotik.

Jika sudah, anda dapat melanjutkan langkah-langkah melakukan pemblokiran ini kembali.

1. Masuk ke Router Melalui Winbox

Masuk ke Router Mikrotik anda melalui Winbox sesuai dengan alamat IP Router serta User dan Password login-nya.

Langkah 1 Masuk ke Mikrotik dengan Winbox

2. Membuat Address Lists di Firewall Mikrotik

Langkah kedua, masuk ke menu IP > Firewall > kemudian pilih Tab Address Lists di jendela Firewall. Jika sudah pada Tab tersebut, ikuti langkah berikut ini:

  1. Buatlah List baru di Address Lists dengan memilik/klik tanda plus (+)
  2. Di kolom Name pada jendela New Firewall Address List, berikanlah nama dari list tersebut, misalnya “Blokir Youtube“, karena disini kita akan mencoba memblokir situs Youtube
  3. Di kolom Address, masukanlah domain dari situs yang akan kita blokir yaitu www.youtube.com
  4. Kemudian klik Apply lalu OK.
BACA JUGA:  Cara Membuat Brosur dengan Microsoft Word

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah.

Membuat Address List dari situs yang akan diblokir

Jika sudah, pada Tab Address Lists akan muncul list alamat-alamat IP dari situs Youtube, dimana nantinya koneksi dari alamat-alamat IP tersebut akan diblokir oleh Router Mikrotik kita.

Address List dari situs Youtube

3. Membuat Filter Rules

Langkah berikutnya, masuklah ke Tab Filter Rules masih di jendela Firewall. Pilih/klik tanda plus (+) untuk membuat Rule baru.

Pada jendela New Firewall Rule, dan pada Tab General isi kolom seperti berikut:

  • Kolom Chain isi dengan forward.
  • Kolom Src.Address isi dengan range IP komputer client yang ingin diblokir yaitu 192.168.10.0/24, atau bisa juga diisi dengan IP komputer tertentu yang lebih spesifik (Contoh: 192.168.10.5).
  • Kolom Protocol pilih tcp.
  • Kolom In.Interface pilih Interface/ether yang terhubung ke LAN, misalnya ether2.
Membuat Firewall Rule di tab General

Kemudian masuk ke Tab Advanced, di kolom Dst.Address List pilih Address List yang sudah kita buat tadi melalui dropdown di samping kanan kolom tersebut, yaitu “Blokir Youtube“.

Membuat Firewall Rule di tab Advanced

Terakhir, pindah ke Tab Action, dan di kolom Action pilih reject untuk menolak koneksi dari situs Youtube. Kemudian anda pilih/klik Apply lalu OK.

Membuat Firewall Rule di tab Action

Hasil dari pembuatan Firewall Rule yang baru ini akan terlihat di list Filter Rules. Hal penting yang harus diingat disini adalah:


Firewall Rule untuk memblokir situs ini harus diletakan paling atas diantara rule-rule yang lainnya.

Jika tidak, maka Firewall Rule ini tidak akan berfungsi. Firewall Rule yang digunakan untuk memblokir Youtube ini dapat dilihat seperti gambar dibawah, di dalam kotak merah.

Hasil pembuatan Firewall Rule

Sekarang konfigurasi Firewall di Mikrotik untuk memblokir situs yang tidak diinginkan sudah selesai, anda bisa mencobanya sekarang dengan mengakses situs youtube.com melalui web browser dan pasti berhasil.

Jika masih kurang paham dan ada masalah saat mencoba mengaplikasikan tutorial ini, anda dapat menanyakannya langsung di kolom komentar. Terima kasih dan semoga membantu.

Bagikan Kepada Dunia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *