Perintah Command Prompt: Membuat dan Berpindah Folder

Bagi para pengguna komputer dengan Sistem Operasi Windows, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Command Prompt (CMD). Terutama meraka para penekun di dunia IT maupun para programmer, yang sering menggunakan Command Prompt ini saat bekerja.

Untuk Anda yang masih awam dengan Command Prompt, kali ini kami akan memberikan tutorial dasar menggunakan Command Prompt untuk membuat dan berpindah dari folder ke folder / directory dengan perintah “dir“, “mkdir” dan “cd“.

Perintah-Perintah Membuat Directory dan Berpindah Directory di CMD

Berikut adalah perintah-perintah di dalam Command Prompt (CMD) untuk membuat dan berpindah-pindah directory (folder dan drive):

1. Membuat Folder / Directory dengan Perintah “mkdir” di CMD

Membuat Folder / Directory dengan Perintah "mkdir" di CMD

Perintah “mkdir” (Make Directory) di CMD digunakan untuk membuat folder / directory baru di directory dimana perintah tersebut dijalankan. Seperti gambar diatas, perintah “mkdir FolderHolatekno” artinya membuat folder “FolderHolatekno” di directory “C:\Users\PC“.

Setelah Anda menjalankan perintah tersebut, sekarang mari kita lihat di directory “C:\Users\PC” folder “FolderHolatekno” yang telah kita buat tadi pada gambar dibawah.

Hasil Membuat Folder / Directory dengan Perintah "mkdir" di CMD

2. Melihat Informasi Folder / Directory dengan Perintah “dir” di CMD

Melihat Informasi Folder / Directory dengan Perintah "dir" di CMD

Perintah “dir” pada CMD digunakan untuk melihat informasi dari sebuah folder atau directory, salah satunya melihat folder dan file apa saja yang ada di dalam directory dimana perintah tersebut dijalankan.

3. Berpindah Folder / Directory dengan Perintah “cd” di CMD

Perintah “cd” (Change Directory) pada CMD digunakan untuk melakuakan navigasi atau berpindah directory. Berikut adalah beberapa perintah “cd” untuk melakukan navigasi antar folder / directory :

Berpindah ke Directory Utama dengan Perintah "cd\" di CMD

Perintah “cd\” digunakan untuk berpindah ke directory utama atau directory paling atas dari sebuah directory yang memiliki sub-sub directory / folder. Contohnya seperti gambar diatas, folder PC adalah sub-directory dari folder Users, dan folder Users adalah sub-directory dari Drive C:. Jadi, ketika kita menjalankan perintah “cd\” pada folder PC, maka status directory CMD akan berada di Drive C:.

Berpindah ke satu Directory diatas dengan Perintah "cd.." di CMD

Perintah “cd..” digunakan jika kita ingin berpindah ke satu folder diatas dari folder / directory dimana perintah tersebut dijalankan. Misalkan, perintah “cd..” dijalankan di folder PC yang merupakan sub-directory dari folder Users, maka status directory CMD akan berpindah ke folder Users.

Berpindah ke dalam directory dengan Perintah "cd nama_folder" di CMD

Perintah “cd nama_directory” digunakan untuk berpindah ke dalam folder / directory secara spesifik, namun folder tersebut masih berada di dalam folder dimana perintah tersebut dijalankan. Contohnya seperti gambar diatas, kita menggunakan perintah “cd FolderHolatekno” yang dijalankan di folder PC untuk masuk ke folder FolderHolatekno yang merupakan folder yang berada di dalam folder PC.

Berpindah ke dalam directory beberapa tingkat dengan Perintah "cd nama_folder\nama_folder" di CMD

Untuk berpindah ke dalam folder beberapa tingkat di bawah secara langsung, kita dapat menggunakan perintah “cd nama_directory\nama_directory\dst“. Contohnya seperti gambar diatas, kita dapat berpindah langsung ke dalam folder Info yang berada di dalam folder FolderHolatekno, ketika kita menjalankan perintah “cd FolderHolatekno\info” di folder PC.

BACA JUGA:  Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Flashdisk

4. Berpindah Drive Secara Langsung di CMD

Berpindah Drive Secara Langsung di CMD

Untuk berpindah antar Drive secara langsung di CMD sangat mudah sekali dilakukan. Hanya dengan menjalankan perintah dengan mengetik nama Drive dan menambahkan tanda “:” di depannya. Contoh, “D:” atau “C:” dan tergantung nama Drive di komputer Anda masing-masing.

5. Membuka CMD dengan Posisi Directory Tertentu Secara Langsung Tanpa Perintah “cd

Jika Anda tidak ingin repot membuka CMD lalu masuk ke dalam folder yang memiliki banyak sub-folder atau directory, Anda dapat membuka CMD dengan status directory agar berada langsung di directory yang Anda inginkan. Caranya seperti berikut:

Masuk terlebih dahulu ke directory yang Anda inginkan melalui Windows Explorer, misalnya ke dalam folder Info dari folder FolderHolatekno. Pada URL directory akan terlihat “C:\Users\PC\FolderHolatekno\info“, kemudian gantilah URL directory tersebut dengan mengetik “cmd” lalu tekan ENTER.

Membuka CMD dari Windows Explorer

Setelah CMD terbuka akan terlihat status posisi directory berada di directory yang Anda tentukan tadi, yaitu “C:\Users\PC\FolderHolatekno\info” seperti gambar di bawah.

CMD dibuka dari WIndows Explorer

Itulah beberapa perintah-perintah CMD untuk membuat dan berpindah-pindah folder / directory. Semoga tutorial ini dapat menambah pengetahuan Anda bagi yang sering bekerja menggunakan Command Prompt (CMD) ataupun bagi pemula.

Bagikan Kepada Dunia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *