Tips dan Trik dalam Membuat Tabel di Microsoft Excel

Mengerjakan pekerjaan-pekerjaan akuntansi dengan menggunakan Microsoft Excel tentunya dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan kita, seperti membuat daftar harga produk, pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan, dan lain sebagainya. Dalam mengerjakan pekerjaan seperti itu tentunya dibutuhkan membuat tabel untuk mendesain daftar harga produk tersebut ataupun pencatatan keuangan.

Kali ini kami akan memberikan cara membuat tabel di Excel dan beberapa tips trik dalam mendesain dan mengolah tabel tersebut agar dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita.

Cara Membuat Tabel di Excel

Ada 2 cara dalam pembuatan tabel di Excel, yaitu dengan melakukan Insert table melalui Ribbon dan membuat tabel secara langsung dengan membuat Borders.

1. Insert Table melalui Ribbon

Setelah anda membuka aplikasi Microsoft Excel, Kemudian pilih menu Insert kemudian pilih Table. Lalu anda dapat men-drag kursor untuk membuat tabel sepanjang baris dan kolom sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Membuat tabel melalui Ribbon

Setelah Anda menyesuaikan ukuran tabel, kemudian pilih/klik OK, dan akan ditampilkan tabel seperti gambar berikut.

Tampilan tabel dari Ribbon

2. Membuat Tabel dengan Mengisi Borders

Menggunakan cara ini akan membuat Anda lebih cepat dan fleksibel dalam pembuatan tabel, hanya dengan mengisi Borders pada sel-sel yang ingin Anda bentuk menjadi tabel.

Cara membuat tabel dengan cara ini adalah dengan memilih sel-sel yang akan dijadikan tabel terlebih dahulu, kemudian pada menu Home -> Font, pilih dropdown pada menu Borders, lalu pilih All Borders.

Membuat tabel dengan mengisi Borders

Setelah mengikuti langkah tersebut akan terlihat sebuah tabel seperti gambar dibawah.

Tampilan tabel dengan Borders

Tips dan Trik dalam Mengolah Tabel di Excel

Untuk membuat tabel yang dapat memudahkan pekerjaan dan terlihat profesional ada beberapa tips dan trik dalam melakukannya, berikut adalah tips dan triknya:

Membuat Nota dengan Perhitungan Otomatis

Membuat nota misalnya nota penjualan di Excel dengan perhitungan penjumlahan otomatis sangatlah mudah dilakukan. Jika Anda belum tahu bagaimana cara melakukan perhitungan matematika di Excel, Anda dapat membaca Artikel kami ini terlebih dahulu:
Rumus Excel untuk Perhitungan Matematika.

Jika sudah, kita lanjut saja. Pertama, Anda dapat meniru membuat tabel seperti gambar dibawah sebagai contoh.

Membuat tabel nota penjualan

Kemudian ganti Format tiap sel dengan memblok kolom yang akan dirubah formatnya, lalu pilih format yang ingin digunakan pada dropdown di menu Number. Gantilah kolom-kolom berikut:

  • Kolom NO dan NAMA ganti menjadi format Text
  • Kolom QTY, HARGA dan TOTAL ganti menjadi format Accounting
  • Sel untuk GRAND TOTAL, PPN dan TOTAL BAYAR juga di ganti menjadi format Accounting.
Mengganti format sel

Setelah mengganti Format tiap sel, sekarang buatlah rumus untuk perhitungan otomatisnya. Diawali dengan membuat rumus untuk menghitung total harga dengan memasukan rumus =D6*C6 di sel paling atas pada kolom TOTAL. Maksud dari rumus tersebut adalah untuk mengalikan HARGA barang dengan QTY (quantity) / jumlah barang yang dibeli, maka akan mendapatkan total harga.

Selanjutnya membuat rumus untuk GRAND TOTAL atau jumlah total belanja barang keseluruhan. Rumus yang dimasukan di sel GRAND TOTAL tersebut adalah =SUM(E6:E16). Maksud dari rumus tersebut adalah untuk menjumlahkan semua total harga pada kolom TOTAL sesuai tabel nota diatas.

Untuk sel PPN 10%, kita akan mencari 10% dari total belanja barang (GRAND TOTAL). Jadi rumus yang digunakan adalah =E17*10/100.

Terakhir untuk sel TOTAL BAYAR, kita masukan rumus =E17+E18 yaitu total yang harus dibayarkan oleh customer, dengan menambahkan nilai di sel GRAND TOTAL dan PPN 10%.

Sekarang Anda bisa mencoba tabel nota yang telah kita buat dengan hanya memasukan data di Nama Barang, Quantity, dan Harga Barang. Anda dapat mencoba seperti gambar berikut.

Hasil pembuatan tabel nota penjualan

Mengunci Sel Tertentu agar Tidak Bisa di-Edit

Agar rumus-rumus dan nilai otomatis di dalam sel tabel tertentu tidak bisa di ubah-ubah, Anda dapat melakukannya dengan melakukan Protect Sheet. Yang harus Anda perhatikan sebelum mengunci Sheet adalah Anda harus pastikan dahulu kalau sel yang akan dikunci sudah berisi rumus.

BACA JUGA:  Membuat IP Alias (Multiple IP) dalam 1 Interface di Mikrotik

Disini kita akan menggunakan tabel nota yang tadi sebagai contoh, dan yang akan kita kunci adalah semua sel dan kolom selain kolom NAMA, QTY, dan HARGA. Jadi nanti yang dapat di-input oleh user adalah sel-sel di kolom NAMA, QTY, dan HARGA saja. Sedangkan nilai di kolom TOTAL, GRAND TOTAL, PPN 10%, dan TOTAL DIBAYAR akan terisi secara otomatis dan tidak dapat di-edit. Perhatikan gambar dibawah ini.

Mengisi rumus sel yang akan dikunci

Seluruh sel yang diblok pada gambar diatas sudah diisi dengan rumus perhitungan otomatis. Jika sudah diisi dengan benar, kemudian kita lanjutkan ke langkah memilih sel yang akan di kunci. Seperti penjelasan sebelumnya kita akan mengunci semua sel kecuali sel di kolom NAMA, QTY, dan HARGA.

Untuk melakukannya, Anda blok semua sel di dalam Sheet terlebih dahulu, kemudian klik kanan, pilih Format Cells.., lalu masuk ke tab Protection dan berikan tanda centang pada pilihan Locked, lalu pilih OK.

Langkah Mengunci Sel

Kemudian kita lanjutkan memilih sel dan kolom yang tidak dikunci. Caranya sama, dengan memblok sel-sel yang akan tidak dikunci, lalu klik kanan, pilih Format Cells.., di tab Protection hilangkan tanda centang di pilihan Locked.

Memilih sel yang tidak dikunci

Jika sudah, sekarang kita akan melakukan penguncian Sheet dengan cara masuk ke tab Review, lalu pilih Protect Sheet. Kemudian akan muncul sebuah jendela seperti gambar dibawah ini.

Mengunci sel dan kolom dengan Protect Sheet

Isilah tanda centang pada pilihan seperti gambar diatas, Anda juga dapat menambahkan Password agar user tidak dapat membuka kuncian Sheet yang Anda buat, atau Anda dapat membiarkannya kosong tanpa Password. Setelah itu Anda tinggal memilih OK untuk menyelesaikan langkah penguncian ini.

Sekarang Anda bisa mencobanya dengan memilih/mengklik dua kali sel yang dikunci, pasti akan muncul Warning. Sedangkan untuk sel-sel yang tidak dikunci, Anda akan tetap dapat menginput data atau nilai disana.

Pencarian Kelompok Data dengan Filter

Filter pada Excel digunakan untuk mempermudah Anda untuk melakukan penyortiran dan pencarian kelompok data berdasarkan kolom. Untuk menggunakan Filter ini pada tabel Anda, pertama yang dilakukan Anda harus memblok/memilih kolom mana saja yang ingin diberikan Filter. Anda boleh memblok Header dari kolom tabel anda saja, atau memblok rentang kolomnya.

Setelah memblok kolom yang ingin di-Filter, kemudian buka tab Data, lalu pilih Filter, dan akan muncul tanda panah kebawah (dropdown) pada Header kolom tersebut seperti gambar dibawah.

Menggunakan Filter pada Tabel

Anda dapat mengklik dropdown tersebut, dan akan muncul jendela kelompok data mana yang ingin ditampilkan, selain memilih kelompok data, Anda juga dapat melakukan penyortiran dengan menggunakan Filter ini.

Membuat Header Tabel Tetap pada Posisinya

Ketika Anda membuat tabel di Excel yang memiliki data yang begitu banyak. Anda dapat menambahkan cara ini pada tabel Anda, agar Header tabel Anda tetap pada posisinya ketika di-scroll. Tentu dengan cara ini akan tidak membingungkan Anda ketika melakukan pencarian maupun penginputan data di tabel.

Untuk melakukannya sangat mudah sekali, hanya dengan memilih/memblok satu rentang baris dibawah Header tabel Anda, dengan mengklik nomor baris di sebelah kiri Sheet. Kemudian buka tab View, lalu pilih Freeze Panes dan pilih Freeze Panes lagi di pilihan dropdown yang muncul.

Menggunakan Freeze Panes untuk membuat Header tabel tetap pada posisinya

Jika sudah, sekarang coba scroll tabel Anda, dan Header dari tabel akan tetap pada posisinya.

Jadi seperti itulah beberapa tips dan trik dalam membuat dan mengolah tabel di Microsoft Excel. Anda dapat menggunakan dan menggabungkan cara-cara yang sudah kami jelaskan diatas untuk membuat tabel yang terlihat profesional dan dapat memudahkan pekerjaan Anda, semoga bermanfaat.

Bagikan Kepada Dunia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *